Kurikulum Sosiologi SMA/MA (KTSP)


Kurikulum Sosiologi SMA/MA (KTSP)


Pembelajaran sosiologi untuk tingkat SMA/MA dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan siswa terhadap pemahaman fenomena kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, tujuan dari mata pelajaran sosiologi menurut Permendiknas mengenai SI dan SKL tahun 2006 adalah agar siswa memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai dengan terciptanya integrasi sosial
2. Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan bermasyarakat
3. Menumbuhkan sikap, kesadaran dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.


Ruang lingkup sosiologi adalah sebagai berikut:
1. Struktur sosial
2. Proses sosial
3. Perubahan sosial
4. Tipe-tipe lembaga sosial.


Standar Kelulusan (SKL) Sosiologi SMA/MA:
1. Memahami sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
2. Memahami proses interaksi sosial di dalam masyarakat dan norma yang mengatur hubungan tersebut serta kaitannya dengan dinamika kehidupan sosial
3. Mengidentifikasi kegiatan bersosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
4. Mengidentifikasi berbagai perilaku menyimpang dan anti sosial dalam masyarakat
5. Menganalisis hubungan antara struktur dan mobilitas sosial dalam kaitannya dengan konflik sosial
6. Mendeskripsikan berbagai bentuk kelompok sosial dan perkembangannya dalam masyarakat yang multikutural
7. Menjelaskan proses perubahan sosial pada masyarakat dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat
8. Menjelaskan hakikat dan tipe-tipe lembaga sosial dan fungsinya dalam masyarakat
9. Melakukan penelitian sosial secara sederhana dan mengkominukasikan hasilnya dalam tulisan dan lisan


Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial.


Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi:
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

Kompetensi Dasar:
2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
2.3 Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat

Kelas XI, semester 1

Standar Kompetensi:
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial

Kompetensi Dasar:
1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
1.3 Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.

Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi:
2. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

Kompetensi Dasar:
2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multicultural
2.2 Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multicultural
2.3 Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multicultural.

Kelas XII, semester 1

Standar Kompetensi:
1. Memahami dampak perubahan sosial

Kompetensi Dasar:
1.1 Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat
1.2 Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat

Standar Kompetensi:
2. Memahami lembaga sosial

Kompetensi Dasar:
2.1 Menjelaskan hakikat lembaga sosial
2.2 Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial
2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial


Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi:
3. Mempraktikkan metode penelitian sosial

Kompetensi Dasar:
3.1 Merancang metode penelitian sosial secara sederhana
3.2 Melakukan penelitian sosial secara sederhana
3.3 Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana





Tidak ada komentar:

Posting Komentar